Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

bkpi@iainmadura.ac.id

"Transformasi Berkualitas: Prodi BKPI IAIN Madura Perkuat Review Kurikulum Outcome Based Education (OBE) untuk Membentuk Konselor Unggul"

  • Diposting Oleh Admin Web Prodi BKPI
  • Jumat, 24 November 2023
  • Bagikan ke

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) mengambil langkah berani dalam mengoptimalkan mutu pendidikan dengan menghadirkan Forum Group Discussion (FGD) yang berfokus pada pendampingan review kurikulum Outcome Based Education (OBE), dan turut ikut serta juga Kaprodi dan Sekprodi dari Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI). Acara yang berlangsung selama 2 hari yakni 23-24 November 2024 menjadi momentum bagi akademisi dan pemangku kebijakan untuk bersama-sama membahas langkah-langkah strategis dalam rencana implementasi kurikulum OBE.

Partisipasi aktif dari Kaprodi dan sekprodi Prodi BKPI IAIN Madura menjadi pusat perhatian dalam diskusi. Mereka berbagi pengalaman dan pemikiran mendalam tentang penerapan OBE dalam kurikulum BKPI khususnya pada pembahasan Visi, Misi, profil lulusan, dan capaian pembelajaran, dengan harapan dapat memperkuat keterampilan praktis dan pemahaman mahasiswa terhadap realitas kehidupan dunia bimbingan dan konseling.

Diskusi juga mempertegas pentingnya peran konselor dalam membimbing peserta didik menuju potensi terbaik mereka. Para peserta FGD menyadari bahwa melalui perubahan kurikulum ini, Prodi BKPI Fakultas Tarbiyah IAIN Madura dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki keunggulan akademis tetapi juga siap menghadapi kompleksitas tuntutan masyarakat dan dunia kerja.

Dengan fokus pada kerjasama lintas sektor, melibatkan stakeholder dari berbagai bidang, Prodi BKPI IAIN Madura berkomitmen untuk merumuskan kurikulum yang tidak hanya relevan namun juga responsif terhadap dinamika masyarakat. Harapannya, hasil FGD ini akan menjadi dasar untuk langkah-langkah konkrit dalam pengembangan kurikulum yang mampu menjawab kebutuhan masa depan.