Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

bkpi@iainmadura.ac.id

Transformasi Pendidikan di Fakultas Tarbiyah: Upaya Meningkatkan SDM melalui Penerapan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) di IAIN Madura

  • Diposting Oleh Admin Web Prodi BKPI
  • Kamis, 23 Desember 2021
  • Bagikan ke

Fakultas Tarbiyah IAIN Madura- mengakhiri tahun 2021 dengan meriah melalui kegiatan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengusung tema "Implementasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) dalam Pengembangan Kurikulum Fakultas Tarbiyah IAIN Madura". Acara yang berlangsung pada tanggal 2-4 Desember ini berhasil menarik partisipasi lebih dari 170 peserta, terdiri dari dosen PNS, dosen non-PNS, dan tenaga pendidik.

Peserta tampak sangat antusias, terlihat dari keberangkatan mereka dari kampus IAIN Madura sejak pukul 05.00 WIB, dan tiba di Hotel Horison Batu sekitar pukul 11.00 WIB. Pembukaan acara dilakukan oleh Rektor IAIN Madura, Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag, pada pukul 19.30 WIB. Dalam sambutannya, Rektor mengucapkan terima kasih kepada Dekan Fakultas Tarbiyah (Fatar), Dr. H. Atiqullah, M.Pd., sambil menekankan pentingnya memegang teguh prinsip moderasi beragama, sejalan dengan visi misi Kementerian Agama RI. Beliau berharap agar diskusi yang berlangsung dapat menjadi model implementasi MBKM yang sukses di lingkungan kampus.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan seminar pengembangan yang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Moh. Jakfar, SH.MH. Seminar ini membahas Finalisasi Konsep Integrasi Kurikulum PTKIN dan berlangsung hingga pukul 22.30 WIB. Rangkaian acara akan dilanjutkan pada hari berikutnya dengan materi menarik, seperti "Kisi-Kisi dan Novelty MBKM dalam Struktur Kurikulum Fakultas Tarbiyah" oleh Dr. Muhammad Walid, M.A, dan "Kesadaran Layanan Prima terhadap Motivasi Kerja di Fakultas Tarbiyah IAIN Madura" oleh Luqman Zakariyah, S.Psi., M.Psi. Materi-materi lainnya melibatkan "Finalisasi Konsep Integrasi Keilmuan di PTKIN" oleh Prof. Dr. H. Sunardji Dahri Tiam, M.Pd, dan "Keprofetikan" yang akan disampaikan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Madura, Dr. H. Atiqullah, M.Pd.

Acara ini memberikan kesempatan emas bagi para peserta untuk mendalami isu-isu terkini dalam dunia pendidikan, menjalin kerjasama antar-sesama profesional, dan membawa pulang wawasan berharga guna diterapkan dalam pengembangan kurikulum dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Fakultas Tarbiyah IAIN Madura.